Follow

SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Cara Bertahan Hidup dari Zombie Menurut Rumus Matematika

Para zombie yang lapar di serial Kingdom Foto: Netflix

Selama ini karakter zombie hanya ada di cerita fiksi. Tapi, jika zombie beneran ada di dunia nyata, maka kamu membutuhkan rencana untuk bertahan atau menghindari serangan itu.

Kabar baiknya, kiamat zombie adalah salah satu masalah yang jawabannya bermuara pada matematika. Channel YouTube Numberphile mencoba menjelaskan dengan rinci bagaimana serangan zombie akan dimulai, termasuk bagaimana cara orang-orang berlindung dari serangan tersebut.

Seperti di dalam film, pada dasarnya zombie sangat mirip dengan partikel virus ketika itu terjadi dalam skala populasi besar. Dalam artian, mereka bergerak secara acak, menyebar dari satu orang ke yang lain hingga menginfeksi seluruh populasi dan membunuh atau menginfeksi siapa pun yang ada di dekatnya.

Oleh sebab itu, menggunakan rumus matematika yang disebut persamaan diferensial parsial atau PDE adalah cara yang tepat dalam menyusun rencana untuk terhindar dari serangan zombie. Karena bagaimanapun, cara yang paling baik dalam menghadapi masalah ini adalah melarikan diri.

“Jauh lebih baik melarikan diri dari zombie daripada mencoba memperlambat mereka. Saya tidak akan memaksa Anda. (Yang pasti) Saya akan memimpin orang-orang berlari.”

Thomas Woolley, Ahli Biologi Matematika di video terbarunya di channel YouTube Numberphile

Jadi, apa sebenarnya yang dikatakan matematika untuk mengalahkan invasi zombie tersebut? Jawabannya cukup jelas: Kita hanya perlu membunuh zombie secepat mungkin alih-alih memperlambat infeksi.

Karena zombie menyerang dengan kecepatan dan jarak radar yang terbatas, maka tindakan terbaik adalah menjauh sejauh mungkin dari gerombolan mayat hidup. Model matematika sebelumnya yang juga menjabarkan wabah zombie telah menempatkan Rockies utara sebagai tempat berlindung paling aman, meski wilayah pedesaan sebenarnya akan tetap aman dalam waktu berminggu-minggu, selama manusia di kota-kota besar belum semuanya menjadi zombie.

Kamu mungkin akan memilih tinggal di desa selama serangan zombie berlangsung. Tapi perlu diingat, studi keluaran 2017 menemukan zombie akan melebihi jumlah manusia dengan skala satu juta banding satu dalam 100 hari. Butuh waktu lama untuk berkembang dan bertarung sebelum manusia berhasil merebut kembali Bumi.

Tentu saja, karena pada dasarnya antar-manusia adalah calon zombie, maka tak ada pilihan lain selain, serangan pre-empetive, alias melakukan serangan terlebih dahulu.

Total
0
Shares
Previous Article

7 Fakta Agung Hapsah, YouTuber yang Kembali Usai Setahun Lebih Menghilang

Next Article

Tak Mau Penuhi Permintaan Pemerintah, FIFA Mobile Tak Tersedia Lagi di Vietnam

Related Posts

Total
0
Share