Follow

SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Ramai Tweet Pakai Emoji Bendera Merah, Apa Artinya?

 

Sama seperti platform media sosial lain, netizen Twitter selalu memiliki template meme terkini untuk di-upload dalam tweet mereka. Terbaru, lini masa Twitter diramaikan dengan kicauan yang memakai emoji ‘bendera merah’ (red flag) dengan jumlah yang banyak.

Bagi orang yang sering menghabiskan waktu di Twitter, template meme semacam ini mungkin dapat langsung mereka pahami maknanya secara implisit. Namun, bagi orang yang jarang atau enggak main Twitter, mereka mungkin bakal bingung dengan penggunaan emoji bendera merah di belakang sebuah pernyataan.

Lantas, apa maksudnya emoji bendera merah yang saat ini ramai dipakai dalam tweet?

Penggunaan emoji bendera merah di Twitter berasal dari percakapan soal red flag terkait hubungan. Red flag sendiri merupakan metafora untuk “sinyal atau tanda peringatan,” atau “sesuatu yang menunjukkan masalah, bahaya, atau ketidakteraturan.”

Kata red flag dipakai untuk merujuk perilaku atau sikap orang lain yang dirasa akan berbahaya dalam sebuah hubungan. Misal, kalau gebetan kamu suka ghosting (mendiamkan chat) atau bersikap kasar bahkan saat masih PDKT, netizen akan menyebut itu sebagai red flag β€” yang berarti mereka mewanti-wanti sikap tersebut akan mengganggu hubungan dalam jangka panjang.

Red flag dipakai enggak cuma sebatas untuk hubungan percintaan. Ini meliputi hubungan apa pun, mulai dari pertemanan, antar saudara, hingga hubungan antara institusi negara dan warga sipil.

dulu pas kecil pengen banget dpt suami polisi, ngiranya gagah ganteng dan berani. pas gedhe banyak tau model beginian kalo denger polisi langsung pasang red flag 🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩 https://t.co/rwK7NvCkrj

— eve. (@eveninx) October 16, 2021

Nah, emoji bendera merah yang dipakai dalam sebuah tweet sebenarnya hanyalah perpanjangan dari percakapan red flag tersebut. Jadi, netizen enggak perlu lagi capek-capek menjabarkan bahwa pernyataan yang dia cantumkan di tweet adalah bendera merah.

Situs Know Your Meme melaporkan bahwa tren meme red flag dan penggunaan emoji bendera merah mulai viral di Twitter sejak September 2021. Tren ini mungkin terinspirasi oleh tren “Red Flags In My Room” TikTok pada bulan yang sama, di mana orang-orang mendiskusikan berbagai “red flag” di aplikasi tersebut.

Pada akhirnya, emoji bendera merah sebagai ungkapan red flag di Twitter enggak hanya dipakai untuk membicarakan tabiat orang lain yang dapat berbahaya dalam sebuah hubungan. Makna emoji tersebut berkembang penggunaannya seiring waktu.

Saat ini semakin banyak pengguna Twitter yang pakai emoji bendera merah untuk menunjukkan pernyataan yang tidak mereka sepakati atau setujui. Misal, orang yang suka kucing bisa menggunakan emoji bendera merah saat nge-tweet β€œGue jijik banget sama kucing” β€” yang berarti dia enggak sepakat dengan pernyataan tersebut.

β€œme and my ex are still friends” 🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩

— isis (@mykelrenee) October 12, 2021

When they think a song over 3 minutes is too long 🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩

— DUR& Bernarr (@durandbernarr) October 17, 2021

β€œi don’t like taylor swift” 🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩

— Courtney feels sad about that thingβΈ†βΈ‰πŸ§£ (@wildeyedswiftie) October 16, 2021

β€œGue jijik banget sama kucing.”
🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩🚩

— 𝚒 𝚞 πš—  (@yyuunniiaaa) October 13, 2021

Total
0
Shares
Previous Article

Taksi Udara Siap Belah Langit Inggris

Next Article

Planet Ini Mirip Neraka, Suhunya 2.000 Derajat Celsius dan Punya Hujan Besi

Related Posts

Total
0
Share