Follow

SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Berencana ke Luar Negeri? Begini Cara Aktifkan Sertifikat Vaksin Internasional

Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id

Sertifikat vaksin kini telah menjadi salah satu dokumen penting yang perlu dimiliki saat melakukan perjalanan, termasuk saat bepergian ke luar negeri. Hal ini pun membuat Kementerian Kesehatan menerbitkan sertifikat vaksin internasional sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna mengantisipasi isu sertifikat vaksin Indonesia tidak diakui atau dikenal di beberapa negara di luar negeri.

Dilansir dari Antara, Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji menjelaskan jika bentuk dan informasiyang ada pada sertifikat vaksin internasional sudah disesuaikan dengan standar WHO. Itu termasuk QR Code yang ada di dalamnya sehingga bisa terbaca dan diakui di luar negeri.

Dia menambahkan, sertifikat vaksin internasional bisa digunakan oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Selain itu, sertifikat ini juga bisa digunakan untuk perjalanan haji dan umrah.

Meski begitu, Setiaji menjelaskan jika pelaku perjalanan harus tetao mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku di masing-masing negara. Pasalnya, sertifikat ini hanya sebagai dokumen kesehatan saja. Masa berlaku maupun jenis vaksin juga mengacu pada kebijakan masing-masing negara tujuan.

Lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan sertifikat vaksin internasional ini?

Untuk bisa mengakses sertifikat vaksin internasional, kalian hanya memerlukan aplikasi PeduliLindungi versi terbaru. Jika sudah, buka aplikasi dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar.

Setelah itu, masuk ke menu “Sertifikat Vaksin”. Selanjutnya, di bagian “Sertifikat Perjalanan Luar Negeri”, ketuk ikon “+” dan centang nama pengguna yang ingin dibuatkan sertifikat internasional lalu klik selanjutnya.

Langkah berikutnya adalah memilih negara tujuan, kemudian klik selanjutnya dan konfirmasi. Sertifikat telah berhasil dibuat dan telah aktif. Kemudian klik “Lihat Detail”.

Jika ingin melihat QR Code atau mengunduh sertifikat, kalian bisa membuak menu “Sertifikat Vaksin” dan memilih nama pengguna yang sudah dibuatkan sertifikat vaksin internasional.

Total
0
Shares
Previous Article

Coldplay Akan Rilis 3 Album dan Adakan Tur Sebelum Pensiun Bermusik Pada 2025

Next Article

Christian Eriksen Resmi Dapat Klub Baru

Related Posts

Total
0
Share