Follow
SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Tampil di Google Street View, Buronan Mafia yang Kabur 20 Tahun Tertangkap di Spanyol

Mafia Italia buron 20 tahun ditangkap setelah muncul di Google Street View. (Google via Sky News)

Seorang buronan mafia Italia yang buron selama hampir 20 tahun akhirnya tertangkap setelah terlihat di Google Street View.

Gioacchino Gamino yang berusia 61 tahun terlacak di Galapagar di Spanyol, yakni sebuah kota dekat Madrid. Keberadaannya berhasil diketahui setelah sebuah gambar menunjukkan seorang pria yang mirip dengannya sedang mengobrol di luar toko sayur.

Polisi menduga dia berada di negara itu tetapi tidak dapat menemukannya.

“Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional,” kata Nicola Altiero, wakil direktur unit anti-mafia Italia (DIA) mengutip Sky News, Kamis (1/6/2022).

Menurut surat kabar Italia, La Repubblica, Gamino sering menggunakan nama samaran Manuel. Dia sebelumnya bekerja sebagai koki di sebuah restoran bernama La cocina de Manu.

Sebuah profil Facebook untuk restoran yang sekarang sudah ditutup mengungkapkan sosok Gamino. Kepastian didapat dari bekas luka di sisi kiri dagunya, dan restoran tersebut menawarkan “makan malam Sisilia”.

Gamino adalah bos kelompok mafia Stidda di Agrigento, Sisilia. Kelompok ini merupakan saingan mafia Cosa Nostra yang terkenal.

Dia diselidiki pada 1980-an oleh hakim anti-mafia terkenal Giovanni Falcone, yang kemudian tewas akibat serangan bom.

Gamino berhasil melarikan diri dari penjara Rebibbia, Roma pada 2002, ketika sebuah film sedang dibuat di sana, dan setahun kemudian dijatuhi hukuman seumur hidup karena pembunuhan.

Dia berhasil kabur saat penangkapan. Gamino pun terkejut bahwa hidupnya di kota kecil Spanyol telah terungkap, dan berhasil ditangkap pada 17 Desember 2022 lalu.

“Bagaimana Anda menemukan saya? Saya belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun,” kata Gamino kepada polisi dalam sebuah laporan.

Altiero dari unit anti-mafia Italia mengatakan bahwa Gamino saat ini ditahan di Spanyol. Dia akan dibawa ke Italia pada Februari 2022 mendatang.

Total
0
Shares
Previous Article

Grammy Awards 2022 Resmi Ditunda

Next Article

Shin Tae-Yong Datangkan Pemain Eredivisie Berdarah Maluku, Ragnar Oratmangoen

Related Posts
Total
0
Share