Follow

SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Swedia Umumkan Pandemi Covid-19 Telah Berakhir

Swedia umumkan pandemi di negaranya berakhir. Kini, tidak ada lagi pembatasan sosial bahkan bagi mereka yang sedang terinfeksi. Swedia mengakui untuk memberlakukan Covid-19 sama seperti penyakit lainnya.

Pada Rabu (09/02/2022) Swedia sudah memperbolehkan orang-orang untuk berkumpul di acara maupun restoran. Aturan menunjukkan sertifikat vaksin yang sebelumnya digunakan sebagai syarat memasuki fasilitas umum juga telah dicabut. Bahkan, restoran hingga bar dapat beroperasi tanpa pembatasan jam operasional akibat Covid-19.

“Kami telah mencapai titik di mana biaya dan relevansi pengujian tidak lagi dapat dibenarkan,” tutur Kepala Badan Kesehatan Masyarakat Swedia, Karin Tegmark Wisell, dikutip dari siaran nasional SVT dan Kompas, Jumat (11/02/2022).

Memang, tenda di sekeliling kota yang menjadi pusat tes swab drive-in juga telah ditutup. Kini, hanya petugas kesehatan dan perawatan lansia rentan saja yang masih memiliki hak untuk mendapatkan tes PCR gratis.

“Jika kami melakukan pengujian ekstensif yang disesuaikan dengan semua orang yang memiliki Covid-19, itu berarti setengah miliar kronor per minggu (sekitar 55 juta dolar AS atau setara Rp 788 miliar) dan 2 miliar per bulan (220 juta dolar AS atau Rp 3,1 triliun),” jelasnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melakukan tes Covid-19, dapat membeli perangkat tes antigen di supermarket dan apotek. Bahkan, beberapa penyedia layanan kesehatan swasta juga menyediakan fasilitas tes Covid-19 tetapi dengan biaya yang harus dibayar masyarakat, bukan pemerintah.

Selain itu, pemerintah Swedia juga memutuskan untuk tidak lagi menyediakan data pendukung untuk melacak penyebaran Covid-19.

Swedia memang merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi. Hal itulah yang menciptakan optimisme di kalangan pejabat Swedia untuk mengambil keputusan tersebut.

 

Total
0
Shares
Previous Article

Apple Perkenalkan Fitur Pembayaran Terbaru, Tap to Pay

Next Article

Hampir Dua Tahun Nganggur, Eks Pelatih Barcelona Segera Dapat Kerja?

Related Posts

Total
0
Share