Follow
SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Polri Kembali Ubah Warna Seragam Satpam

Ilustrasi seragam Polri (INSTAGRAM/divisihumaspolri)

Polri kembali berencana mengubah warna seragam satuan pengamanan (Satpam) menjadi warna krem. Hal itu dikarenakan banyaknya kebingungan yang dialami masyarakat akibat sulit membedakan polisi dan satpam.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju coklat muda akan berubah menjadi warna krem,” tutur Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (12/01/2022) dikutip dari CNNIndonesia.com.

Ilustrasi seragam satpam (ISTIMEWA)

Beberapa waktu lalu, warna seragam satpam yang awalnya biru sempat diubah menjadi warna cokelat muda dan juga dilengkapi dengan tanda kepangkatan. Karena itulah, seragam tersebut sangat serupa dengan seragam para personel Korps Bhayangkara.

Menurut Ahmad Ramadhan, satpam seharusnya memiliki identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri. Hal itu dikarenakan satpam mengemban fungsi kepolisian yang terbatas.

Hingga saat ini, rencana tersebut masih dalam proses pengkajian. Nantinya, warna seragam satpam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam yang diperingati setiap 30 Desember.

Sebelumnya, penggantian seragam satpam menjadi mirip dengan polisi memiliki tujuan untuk menjalin kedekatan secara emosional dan institusi.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan kebanggan terhadap anggota satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Aturan seragam satpam tersebut pun tertuang pada beleid Perkap 4/2020.

Selain mengatur warna seragam, satpam juga dibagi menjadi tiga golongan pangkat, memiliki batasan umur bagi anggota satpam untuk pensiun.

Total
0
Shares
Previous Article

Jual NFT Selfie, "Ghozali Everyday" Bernilai Rp 12,6 Milliar

Next Article

10 Paspor Paling Sakti di Dunia 2022

Related Posts
Ini Hits
Total
0
Share