Follow
SIGN UP TO OUR NEWSLETTER

Get notifications from this website

Digital Marketing: Pekerjaan Paling diminati Tahun 2022

ARTIKEL KIRIMAN

Trend digital marketing atau pemasaran digital semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Ditambah lagi dengan adanya masa pandemi yang membuat aktivitas online meningkat,
sehingga banyak perusahaan yang semakin membutuhkan tenaga digital marketing.

Tidak hanya, perusahaan yang semakin berupaya untuk meningkatkan penjualan di pasar
online, banyak pula usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mulai menerapkan
strategi digital marketing.

Berdasarkan data dari LinkedIn, sebuah platform online bagi para profesional terbesar di dunia, didapatkan bahwa Digital Marketing menempati posisi ke-6 sebagai skill atau kemampuan yang paling diminati di dunia pada tahun 2021. Selain itu, data dari Grabjobs juga memperlihatkan skill digital marketing sebagai salah satu skill yang akan paling dibutuhkan pada tahun 2022.

Nah, apa saja alasan yang membuat digital marketing menjadi skill yang paling diminati, baik bagi para pencari kerja, maupun bagi perusahaan dan pelaku usaha? Yuk, simak beberapa alasan penting yang harus kamu tahu!

Aktivitas Online yang Semakin Meningkat

Melansir data dari kompaspedia, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 sudah
melebihi angka 196 juta jiwa yang setara dengan 72% dari total penduduk di Indonesia. Data dari survey yang dilakukan Facebook dan YouGov juga memperlihatkan bahwa lebih dari 140 juta orang di Indonesia telah bergabung dengan grup aktif di Facebook.

Tidak hanya peningkatan pada sosial media, Indonesian E-commerce Association (idEA) dan We Are Social juga memperlihatkan peningkatan belanja daring di Indonesia sebanyak 25% hingga 30% pada awal 2021.

Peningkatan masif aktivitas online di Indonesia tentunya juga berdampak pada aktivitas
perusahaan yang harus meningkatkan penjualannya lewat pemasaran online. Hal itu
menyebabkan kebutuhan terhadap tenaga digital marketing juga bertambah.

Kemudahan Belajar Digital Marketing

Mempelajari kemampuan atau skill baru tentunya tidak mudah, namun dari tahun ke tahun, platform untuk mempelajari digital marketing semakin meningkat dan beragam. Jika kamu berkeinginan untuk mempelajari skill digital marketing, kamu bisa menemukan berbagai platform online yang menyediakan berbagai materi pembelajaran yang paling cocok untukmu.

Untuk permulaan, kamu bisa memulai dengan mengikuti akun sosial media atau YouTube yang menawarkan peningkatan skill digital marketing seperti Glints, Skill Academy, atau RevoU. Dengan mengikuti akun sosial media seperti itu, kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang digital marketing, termasuk kesempatan mengikuti webinar atau workshop gratis.

Jika kamu ingin lebih mendalami skill digital marketing dengan para ahlinya, kamu juga bisa mengikuti kursus berbayar dengan jangka waktu yang beragam, mulai dari harian, mingguan, atau ada juga yang berbentuk Digital Bootcamp dimana kamu akan secara intensif diajari berbagai macam keahlian digital marketing.

Keberagaman Tugas Digital Marketing

Jika berbicara tentang digital marketing, maka ada banyak sekali fokus skill yang bisa kamu pilih dan kamu pelajari lebih dalam sesuai dengan minat dan ketertarikan yang kamu miliki.

Digital marketing tidak melulu terfokus pada pembuatan konten, atau penyusunan budgeting iklan. Ada banyak sekali tugas digital marketing yang bisa kamu pelajari dan kamu tidak perlu menguasai semua bidangnya. Cukup pilih satu bidang yang paling menarik dan membuat kamu semangat untuk mempelajarinya setiap hari.

Jika kamu gemar menulis atau tertarik dengan dunia konten, kamu bisa fokus untuk
mempelajari Content Marketing ataupun Social Media Marketing yang juga merupakan bagian dari Digital Marketing. Tidak hanya konten berbentuk tulisan, kamu juga bisa meningkatkan skill dalam produksi konten berbentuk gambar atau video. Hebatnya, kamu tidak hanya akan membuat konten yang informatif dan menarik, tapi juga konten yang menjual.

Nah, jika kamu memiliki ketertarikan terhadap pembuatan website atau cara kerja mesin
pencari seperti Google, maka kamu bisa mendalami bidang Search Engine Optimization (SEO). Dengan mempelajari SEO, kamu akan belajar bagaimana sebuah konten tidak hanya dibuat untuk dibaca oleh manusia, tapi juga harus diolah sedemikian rupa agar dapat dibaca oleh mesin pencari seperti Google. Keren sekali, bukan?!

Kemudian, jika kamu lebih tertarik untuk mempelajari platform-platform iklan berbayar seperti Facebook Ads, TikTok Ads, atau Google Ads, maka kamu bisa fokus di bidang Performance Marketing dimana kamu akan mempelajari lebih dalam tentang tools tersebut dan dapat membuat kampanye marketing yang menarik untuk usaha atau perusahaanmu.

Nah, itu hanya sebagian besar dari tugas digital marketing. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa juga baca artikel tentang tugas digital marketing ini untuk informasi lebih lanjut.

Gaji Pemula Digital Marketing yang Cukup Tinggi

Dilansir dari yoursay.id, beberapa posisi pemula di bidang digital marketing mendapatkan gaji yang tergolong tinggi dan dapat mencapai angka belasan juta. Salah satu pekerjaan yang disebutkan adalah Marketing Associate yang rata-rata gajinya ada di rentang 5 – 7 juta perbulan. Angka tersebut tentunya lebih besar daripada upah minimum di Indonesia.

Kemudian berdasarkan data yang dikumpulkan oleh yangpentingniat.id, rata-rata gaji digital marketing pemula di 10 e-commerce terbesar di Indonesia ada di angka Rp.6.235.000,-. Tidak hanya untuk posisi pemula, data tersebut juga memperlihatkan gaji pekerja magang di bidang digital marketing yang berkisar antara 1 – 2.5 juta.

Gaji digital marketing untuk pemula memang cenderung tinggi, namun itu juga setara dengan waktu yang harus kamu keluarkan untuk mempelajari skill digital marketing. Jika kamu tertarik, perjalananmu untuk mempelajarinya memang tidak akan mudah. Tapi jika kamu menikmati proses yang kamu lalui, maka kamu tidak hanya akan mendapatkan pekerjaan yang kamu tuju, tapi kamu juga bisa mendapatkan kebahagiaan dengan mengerjakan apa yang kamu suka.

Nah, jika setelah membaca artikel ini kamu memiliki niat untuk belajar digital marketing, kamu harus mulai sekarang juga untuk mencari informasi tambahan dan mencari tempat paling cocok untuk belajar. Kamu juga bisa cari tahu berbagai informasi menarik tentang digital marketing, mulai dari tugas digital marketer yang beragam, bagaimana perusahaan menggunakan jasa digital marketing, atau mungkin tips wawancara digital marketing agar kamu diterima di perusahaan yang kamu tuju. Semangat!

Penulis: Nida Huda 
Total
0
Shares
Previous Article

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Bantah Penjualan Alun-alun Utara di Metaverse

Next Article

Fitur Feed Kronologi di Instagram Akan Hadir Tahun Ini

Related Posts
Ini Hits
Total
0
Share