Ternyata Segini Harga Asli iPhone 13 Pro, Masih Tertarik Beli?

 


iPhone 13 Pro menjadi salah satu varian dari iPhone generasi terbaru yang menarik perhatian. Ia punya memiliki harga yang dianggap 'cocok' dengan fitur dan teknologi yang lebih baik dari dua varian di bawahnya.

Rupanya, harga asli atau produksi iPhone 13 ini masih jauh lebih murah dibanding harga retailnya. Analisis dari perusahaan konsultan semikonduktor, TechInsights, menunjukkan bahwa iPhone 13 Pro 256 GB memiliki biaya pembuatan sekitar 570 dolar AS atau sekitar Rp 8,1 juta.

Sementara, harga retail iPhone 13 Pro 256 GB di Amerika Serikat sebesar 1.099 dolar AS atau sekitar Rp 15,6 juta. Jadi, rupanya Apple mengenakan harga retail dua kali lebih banyak daripada yang diperlukan untuk memproduksinya.

Biaya produksi ini juga tidak memperhitungkan hal-hal seperti software, tenaga kerja, pengiriman, marketing, R&D, dan lainnya. Kemungkinan besar harga retail iPhone 13 Pro adalah akumulasi dari biaya-biaya tersebut.

 

Hasil laporan ini juga melihat biaya pembuatan iPhone 13 Pro lebih tinggi, jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro yang hanya 548 dolar AS (Rp 7,8 juta) dan Samsung Galaxy S21 Plus dengan perkiraan biaya 508 dolar AS (Rp 7,2 juta).

- TechInsights -

 

Kenaikan harga produksi iPhone 13 Pro dipengaruhi oleh kekurangan komponen semikonduktor. Hal ini menyebabkan harga komponen prosesor Apple A15 Bionic hingga memori NAND jauh lebih mahal untuk diproduksi


.

Laporan ini juga mengungkap komponen apa saja yang digunakan untuk merakit iPhone 13 Pro. Ponsel Apple tersebut dilengkapi RAM LPDDR4X 6 GB. Selanjutnya, memiliki pixel kamera selebar 1,7µm, lebih besar daripada iPhone 12 yang memiliki pixel 1,4µm. Di sisi lain, model Pro menawarkan kamera wide dengan pixel 1,9µm, naik dari pixel 1,4µm pendahulunya.

Kemudian, chip Apple A15 Bionic, Audio Codec, Audio Amplifier dan Komponen lainnya berasal dari pemasok seperti Qualcomm, KIOXIA, NXP, STMicroelectronics, USI, Qorvo, dan Broadcom.

iPhone 13 Pro dan tiga varian lainnya, iPhone 13 Mini, iPhone 13, dan iPhone 13 Pro Max sudah lolos TKDN 30 persen dan dipastikan akan dijual resmi di Indonesia. Namun, yang masih menjadi misteri adalah harga resminya yang belum terungkap.

Bagaimana masih tertarik untuk membeli iPhone 13?

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Lebih baru Lebih lama