Polisi Spanyol dan Italia Tangkap 106 Orang dalam Operasi Penyergapan Mafia



Kepolisian dari Spanyol dan Italia melakukan operasi gabungan di Pulau Tenerife Canary, Spanyol, pada Senin (20/9). Dalam operasi itu, mereka menangkap 106 orang diduga terlibat dalam jaringan mafia.

106 orang itu disebut telah melakukan tindakan pencucian uang untuk kelompok mafia dan menghasilkan jutaan euro melalui penipuan online.

Dikutip dari Reuters, Selasa (21/9), sebagian besar orang-orang yang ditangkap itu adalah warga negara Italia.

Menurut kepolisian Italia, para korbannya juga sebagian besar adalah orang Italia. Modusnya, mereka mengirimkan sejumlah besar uang ke rekening bank Spanyol yang dikendalikan oleh kelompok tersebut.



Uang itu kemudian dicuci melalui pembelian cryptocurrency atau diinvestasikan kembali dalam kegiatan kriminal lain seperti prostitusi, narkotika atau perdagangan senjata.

"Kelompok itu menghasilkan keuntungan sekitar 10 juta euro ($ 12 juta) tahun lalu," kata Europol.

Selain itu, kelompok ini sering menggunakan kekerasan untuk mengintimidasi korban dan memeras uang para pebisnis.

Polisi Spanyol ikut bergerak karena kelompok ini sudah merambah berbagai sektor masyarakat Spanyol, termasuk bank dan firma hukum.

"Selama operasi, petugas Spanyol dan Italia membekukan 118 rekening bank dan menyita 224 kartu kredit dan perkebunan ganja," tutur Kepolisian Spanyol.

Lebih lanjut, sekitar 20 orang yang ditangkap langsung dikirim ke penjara sambil menunggu penyelidikan yudisial. Rinciannya 18 orang di Spanyol dan dua di Italia.


Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Lebih baru Lebih lama