Fungsi RAM Pada Komputer Dan Jenis-jenisnya

 


Fungsi RAM di komputer atau laptop memang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, RAM terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi yang beragam.

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah komponen yang terpasang secara otomatis di dalam komputer, laptop, hingga smartphone.

Sejak komputer modern diciptakan pada 1960-an, RAM telah menjadi komponen paling penting untuk memengaruhi kinerja komputer.

Dikutip dari situs Lumen Learning, RAM pertama kali diciptakan pada 1947 atau lebih dikenal dengan nama Williams Tube. RAM pertama ini hanya memiliki kapasitas ratusan hingga ribuan bits saja.

Kemudian, RAM mengalami perkembangan yang cukup pesat dan hadir dalam ukuran yang lebih kecil seperti sekarang ini. Untuk mengetahui apa fungsi RAM pada PC dan laptop, berikut ini adalah penjelasannya.

 

Fungsi RAM pada Laptop dan PC

Meskipun RAM memiliki memori di dalamnya, namun bukan berarti fungsinya menjadi tempat penyimpanan data permanen untuk perangkat.

Dikutip dari situs Crucial, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sesaat. Jadi, data yang sudah ada di RAM akan lebih cepat diproses dibandingkan dengan yang belum diproses.

Sebagai contoh, kamu sering membuka aplikasi musik pada satu sesi pemakaian komputer. Nantinya, aplikasi musik tersebut akan lebih cepat melakukan loading dibanding aplikasi musik lainnya.

Selain itu, kecepatan respons dari komputer atau perangkat elektronik kamu juga akan dipengaruhi oleh ukuran RAM tersebut.

Jika terlalu sedikit, maka performa perangkat akan semakin berkurang. Artinya, jumlah RAM di laptop atau PC harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian kamu.

Dengan kata lain, RAM berfungsi sebagai tempat pengolahan data utama bagi perangkat elektronik kita saat ini.

 

Jenis-Jenis RAM

Semakin berkembangnya teknologi, RAM pun juga ikut mengalami pembaruan. Kita bisa melihat langsung hasilnya dari berbagai jenis RAM yang ada saat ini.

Lebih tepatnya, terdapat empat jenis RAM yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat.

 

1. DIMM (Dual In-line Module Memory)

DIMM merupakan jenis RAM yang biasa kita temui pada perangkat PC. Jenis RAM ini dapat kita pasang sendiri atau secara satu per satu. Perlu diperhatikan, bahwa laptop atau PC tidak dapat menggunakan RAM jenis DIMM.

 

2. SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Module Memory)

Khusus perangkat laptop, kamu akan menemukan RAM berjenis SO-DIMM. Hal yang membedakan keduanya adalah pada sisi ukurannya.

 

3. SIMM (Single In-line Memory Module)

Jenis RAM yang satu ini perlu kamu pasang secara berpasangan pada perangkat PC yang digunakan. Hal ini dikarenakan jenis RAM tersebut menggunakan sistem 32-bit. Sementara itu, kebanyakan PC sekarang menggunakan sistem 64-bit.

 

4. RIMM (Rambus Incorporated Memory Module)

RIMM merupakan jenis RAM terakhir yang bisa kamu temui di pasaran saat ini. Jenis RAM ini kebanyakan digunakan untuk kebutuhan server.

Selain itu, ada juga versi untuk laptop bernama SOO-RIMM. Namun, saat ini jenis RAM itu sudah tidak pernah digunakan lagi.

 

Itulah fungsi RAM dan jenis-jenisnya yang ada saat ini. Kamu bisa memilih atau menggunakan jenis RAM yang sesuai dengan perangkat PC atau laptop.


Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Lebih baru Lebih lama