Inilah Efek Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

 


Beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menggigiti kukunya sendiri. Entah itu anak-anak sampai dewasa, kebiasaan ini kadang sulit untuk dihentikan. Akan tetapi, ternyata terdapat bahaya yang tersembunyi akibat sering menggigit kuku.

Dampak buruk kebiasaan menggigit kuku dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Infeksi, peradangan, sakit perut, hingga herpes bisa kamu derita akibat kebiasaan menggigit kuku ini. Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan buruk ini untuk menghindari berbagai dampak buruknya.

 

Efek Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

1.     Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama yang berukuran besar. Pada saat kuku tercabut, kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut yakni paronikia. Paronikia merupakan infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

 

2.     Peradangan pada Ujung Jari

Salah satu dampak sering menggigit kuku adalah peradangan pada ujung jari. Mengapa demikian?

Komposisi kimia dalam air liur Anda memungkinkan untuk memecah lemak dan molekul makanan lainnya. Akan tetapi, meski membantu pencernaan Anda, air liur juga dapat merusak kulit ujung jari jika Anda terus-menerus menempelkannya di mulut.

Hal inilah yang dapat menyebabkan peradangan ujung jari akibat sering menggigit kuku. Untuk alasan yang sama, menjilati bibir dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

 

3.     Peradangan pada kuku

Bahaya menggigit kuku paling umum yakni terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku Anda. Hal tersebut disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan.

Nah, karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

 

4.     Pertumbuhan kuku tidak normal

Selain berefek buruk pada kesehatan Anda, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku Anda tumbuh ke dalam atau biasa disebut sebagai kondisi cantengan.

Lapisan generatif pada kuku Anda yang disebut dengan ‘matriks’ merupakan sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Anda tumbuh.

Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi ke dalam atau terjangkit kelainan kuku yang lain.

 

5.     Sakit perut

Kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat membahayakan perut Anda, lho! Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada di tangan Anda biasanya senang bersembunyi di balik kuku sehingga membuat Anda sakit perut.

Bukan tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan saat Anda menggigit kuku. Mulai dari flu hingga gangguan virus pada perut yang cukup serius dapat Anda alami apabila tidak menghentikan kebiasaan ini.

 

Itulah Efek Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku. Jadi, sebaiknya hentikan kebiasaan menggigit kuku mulai sekarang. Semoga bermanfaat ya.


Sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629279/efek-buruk-kebiasaan-menggigit-kuku   https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kuku/bahaya-menggigit-kuku/

Ini Hits

✉️ info.inihits@gmail.com for personal or business inquiry

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama