Deretan 5 Stadion Paling Megah Di Dunia

 

Klub-klub sepak bola di berbagai penjuru dunia berlomba-lomba membangun atau merenovasi stadion agar menjadi lebih ideal dan megah. Hal tersebut dikarenakan stadion dinggap tak hanya menjadi markas saja, melainkan juga sebuah kebanggaan.

Wajar tentunya banyak stadion megah di berbagai penjuru dunia. Khusus di Eropa, beberapa stadion megah dengan kapasitas besar antara lain Camp Nou, Old Trafford, Santiago Barnebeu, Allianz Stadium, maupun Wembley.

Stadion megah juga menjadi daya tarik tersendiri buat para penonton yang ingin datang. Banyak orang yang datang tak hanya untuk menonton pertandingan, melainkan juga merasakan atmosfer di stadion. Untuk mengetahui apa saja stadion termegah yang ada di dunia silahkan simak berikut:

 

1. Stadion Rungrado May Day



Stadion sepak bola terbesar di dunia terletak di tempat yang bisa dibilang negara paling terisolasi di dunia, yakni Korea Utara. Berbasis di Pyongyang, ibu kota Korea Utara, Stadium Rungrado memiliki kapasitas 150.000 orang.

Kapasitas sebenarnya dari tempat tersebut diperkirakan 114.000, tetapi itu masih menjadikannya yang terbesar di dunia.

Diresmikan pada tahun 1989, stadion ini sekarang menjadi tuan rumah gelaran tahunan Olimpiade Arirang, yang merupakan pertunjukan senam terbesar di dunia, menurut Guinness Book of Records.

 

2. Camp Nou



Camp Nou adalah stadion kandang klub sepak bola populer, FC Barcelona. Berbasis di Barcelona Spanyol, Camp Nou adalah stadion sepak bola terbesar di Eropa dan memiliki kapasitas 99.354.

Awalnya dibangun pada tahun 1957, Camp Nou sedang menjalani rekonstruksi besar-besaran saat ini. Faktanya, stadion ini sangat dihormati oleh para penggemar sehingga perlu diadakan referendum untuk menyetujui rencana rekonstruksi stadion, yang akan selesai pada 2022.

 

3. Stadion Wembley



London Inggris adalah rumah bagi Stadion Wembley yang berkapasitas 90.000 orang. Wembley saat ini sebenarnya adalah versi baru dari stadion yang didirikan pada tahun 1923.

Bangunan saat ini dibangun dari tahun 2002 hingga 2007. Salah satu ciri khas Wembley adalah lengkungan raksasa yang berfungsi sebagai tiang utama, struktur penyangga atap.

 

4. Estadio Azteca



Stadion yang berbasis di Mexico City ini selesai dibangun pada tahun 1966. Tempat tersebut berkapasitas 87.523 orang.

Estadio Azteca dibedakan berdasarkan jumlah ruang pribadi yang dimilikinya untuk menampung klien korporat besar. Ada total 856 ruang pribadi yang merupakan tempat duduk premium.

Stadion ini telah menjadi tuan rumah bagi dua Piala Dunia pada tahun 1970 dan 1986, serta kompetisi sepak bola internasional lainnya, seperti Piala Konfederasi FIFA dan Gold Cup.

 

5. Stadion Nasional Bukit Jalil



Stadion Nasional Bukit Jalil terletak di Kuala Lumpur Malaysia. Selesai pada tahun 1998 untuk menjadi tuan rumah Commonwealth Games tahun itu, stadion ini sekarang menjadi stadion terbesar di Asia Tenggara.

Tempat tersebut telah menjadi tuan rumah beberapa kompetisi sepak bola internasional dan sekarang menjadi tuan rumah bagi tim sepak bola nasional Malaysia. Tempat ini bisa menampung hingga 87.411 penonton.

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/global/read/4421646/daftar-10-stadion-sepak-bola-terbesar-di-dunia-nomor-9-dari-asia

https://www.bola.com/dunia/read/4246728/peringkat-15-stadion-terindah-di-dunia-menurut-pilihan-fans


1 Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Lebih baru Lebih lama