Cara mengetahui sebuah blog/website dibuat menggunakan WordPress atau Blogger

 



Hai sobat ngehits!. Di artikel kali ini Ini Hits akan berbagi cara kita mengetahui apakah suatu blog/website itu dibangun menggunakan blogspot atau wordpress. Bagi kamu pengen tau sebuah blog/website dibuat menggunakan WordPress atau Blogger ada beberapa cara lho untuk mengetahuinya.

Jika situs tersebut belum berdomain TLD ( Top Level Domain) pastinya sangat mudah untuk mengetahui situs tersebut dibuat menggunakan WordPress atau blogspot.

Jika situs tersebut belum menggunakan domain TLD maka situs tersebut belakangnya menggunakan CMS yang ia gunakan. Jika menggunakan WordPress maka ada dibelakang domain nya ada wordpress.com  Contohnya : inihits.wordpress.com. begitu juga sebaliknya jika menggunakan CMS blogspot akan ada tulisan blogspot.com dibelakang domain ( Contoh : inihits.blogspot.com ).

Tapi CMS itu apa sih?

Kalo menurut Wikipedia CMS (Content Management System) atau dalam bahasa indonesia itu Sistem Manajemen Konten yaitu sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menambahkan, memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

Jika sebuah situs sudah menggunakan domain TLD maka akan sulit untuk melihat apakah website tersebut menggunakan WordPress ataupun Blogspot.

 

Cara mengetahui sebuah blog/website dibuat menggunakan WordPress atau Blogger

1. Tanya kepada pemiliknya

Cara yang paling akurat adalah tanya langsung ke pemiliknya. Hubungi pemilik website/blog tersebut melalui halaman kontak nya, atau kamu juga bisa dengan mengunjungi media sosialnya. Pertanyaanmu gak dibales? Tenang, masih ada cara lain kok.

 

2. Tambahkan /wp-admin di belakang url domain

Cara yang kedua adalah dengan menambahkan /wp-admin di belakang url domain. Cara ini yang paling sering saya gunakan untuk mengetahui website/blog menggunakan blogger atau Wordpress.

Contoh: inihits.com/wp-admin

Jika menggunakan wordpress setelah ditambahkan /wp-admin maka akan masuk ke halaman login ke dashboard wordpress. Contohnya seperti dibawah ini


Namun jika situs web tersebut dibuat menggunakan blogspot maka anda Error.

 

3. Lihat akhir URL nya

Setelah saya lihat terdapat perbedaan pada url pada situs yang dibuat menggunakan wordpress dan blogspot. Jika pada blogspot pada URL postingannya dibelakangnya menggunakan .html. Contoh perbedaanya:

WordPress : inihits.com/cara-mengetahui-blog-wordpress-atau-blogger

Blogspot : inihits.com/2021/6/cara-mengetahui-blog-menggunakan-wordpress-atau-blogger.html


4. Cari kata ‘wordpress’, ‘wp-‘ atau ‘wp-content’ pada source code

Di cara yang terakhir ini sobat cari kata ‘wordpress’, ‘wp-‘ atau ‘wp-content’ pada source code. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengklik kanan pada website dan klik opsi View Page Source. Bila situs tersebut menggunakan WordPress, maka kata tersebut akan muncul dalam jumlah yang banyak pada source code.


Itulah tadi cara-cara yang bisa sobat lakukan jika ingin mengetahui website/blog menggunakan blogger atau wordpress. Semoga bermanfaat ya.

Ini Hits

✉️ info.inihits@gmail.com for personal or business inquiry

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama