Deretan 5 Gedung Tertingi Di Dunia




Sejumlah negara di dunia berlomba membangun gedung-gedung pencakar langit untuk dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Di antaranya adalah Dubai, China, Hong Kong, Taiwan, maupun Amerika Serikat.

Bangunan yang masuk ke dalam deretan menara tertinggi ini diurutkan berdasarkan ketinggian standar (tinggi arsitektur), dengan ketinggian lain seperti tinggi atap dan tinggi total yang dicantumkan sebagai referensi.

Pada kesempatan kali ini Ini Hits akan membahas tentang deretan gedung-gedung tertinggi di dunia. Penasaran gedung-gedung mana saja yang dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia? Disimak baik-baik ya guys!.

 

1.    Burj Khalifa

Nama Burj berarti ‘gedung’ sedangkan Khalifa berarti ‘pemimpin’. Nama ini disematkan oleh Sheik Mohammed untuk menghormati Presiden Uni Emirat Arab, Sheik Khalifa bin Zayed al-Nahyan.

Berdiri kokoh sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga menjadi ikon model bagi pusat peradaban manusia di masa depan.

Dengan modal hingga US$ 1,5 miliar atau Rp21,67 triliun, pembangunan Burj Khalifa mulai dilakukan pada 6 Januari 2004 dan selesai pada 1 October 2009. Tingginya mencapai 828 meter dan memiliki 163 lantai. Puncak gedung dengan 160 lantai ini dapat terlihat dari jarak sekitar 95 kilometer Lho.

 

2.    Shanghai Tower

Gedung yang dibangun di Kota Shanghai, China ini mempunyai tinggi hingga 632 meter. Dengan tinggi tersebut, Shanghai Tower menjadi gedung tertinggi di dunia urutan ke dua.

Dana yang digelontorkan buat membangun gedung yang memiliki 128 lantai ini mencapai 15,7 miliar Yuan China atau Rp 32,97 triliun. Gedung ini mulai dibangun pada 29 November 2008 dan selesai 6 September 2014.

 

3.    Makkah Royal Clock Tower

Terletak di jantung kota suci umat Islam, Makkah Royal Clock Tower membawa suasana modern di kota bersejarah Mekkah.

Menara ini dikembangkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari King Abdulaziz Endowment Project.

Bangunan setinggi 601 meter juga menjadi akomodasi bagi umat muslim dari seluruh dunia pada saat melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya.

Tempat ini juga berdekatan dengan lokasi Masjidil Haram, yang dapat menampung hingga dua juta jamaah selama berlangsungnya ibadah haji.

 

4.    Ping An Finance

Dengan tinggi yang mencapai 599 meter, Ping An Finance Centre menjadi gedung tertinggi di dunia peringkat empat. Gedung dengan 115 lantai ini berlokasi di Shenzhen, Guangdong, China.

Menara tertinggi di dunia ini didirikan pada tahun 2010 ini menghabiskan dana sebesar US$ 1,5 miliar atau Rp 21,66 triliun. Pembangunannya selesai pada tahun 2017. Ping An Finance Centre ini dimiliki perusahaan asuransi China Ping An Insurance.

 

5. Lotte World Tower

Gedung yang berlokasi di Kota Seoul, Korea Selatan ini menjadi gedung tertinggi di dunia nomor lima. Tingginya mencapai 554,5 meter dan memiliki 124 lantai.

 

Gedung yang pembangunannya dimulai pada 1 Februari 2011 ini menelan dana sebesar 3,8 triliun won Korea atau sekitar Rp 46,18 triliun. Gedung ini sendiri dibuka sejak 3 April 2017.

 

 

Sumber:

https://lifepal.co.id/media/16-gedung-tertinggi-di-dunia/

https://caritahu.kontan.co.id/news/10-gedung-tertinggi-di-dunia-2020-6-di-antaranya-di-china?page=all

Malik Izza

Kau tau? Hidup ini sebenarnya perjalanan panjang, yang setiap harinya disaksikan oleh matahari.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama